Nikolaus August Otto lah seorang
berkebangsaan Jerman yang pada tahun 1876 telah menciptakan mesin/motor
dengan pembakaran empat langkah. Suatu jenis mesin yang dipakai jutaan
manusia yang dibuat sejak saat itu hingga kini untuk menggerakkan mobil
dan kendaraan lainnya.
Proses pembakaran pada bagian dalam
mesin yang diciptakan Otto merupakan suatu hasil pemikiran yang cermat
dan brilian. Mesin jenis ini mulanya digunakan untuk menggerakkan perahu
motor dan sepeda motor.
Mesin tersebut juga biasa digunakan
dalam berbagai industri, dan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan
dengan penemuan pesawat terbang (hingga pesawat terbang bermesin jet di
tahun 1939, hakikatnya semua pesawat terbang digerakkan dengan pembakar
yang bekerja menurut rancangan Otto).
Tapi yang terpenting dari yang
penting dalam penggunaannya adalah pemakaiannya dalam gerakan mesin
mobil yang hingga saat ini bisa kita rasakan manfaatnya.
Sebenarnya sudah banyak percobaan
yang dilakukan untuk membikin mobil sebelum Otto menciptakan mesinnya.
Beberapa penemu seperti Siegfried Marcus(1875), Etienne Lenoir(1862),
dan Nicolas Joseph Cugnot (sekira tahun 1769), telah berhasil membikin
model mesin yang bergerak. Tapi, berhubung adanya kekurangan pada jenis
mesin yang mesti mampu mengkombinasikan antara keringanan dan kecepatan
tinggi, ternyata tak satupun dari model-model itu yang memiliki arti
praktis dalam penggunaannya.
Namun demikian, dalam jangka waktu lima belas tahun sejak Otto menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran, dua penemu yang berbeda- beda, Karl Benz dan Gottlieb Daimler, masing-masing secara tersendiri membuat mobil yang praktis dan laku di pasaran. Berbagai tipe mesin sejak saat itu dipakai orang. Malahan bukan mustahil apabila di masa yang akan datang mobil digerakkan dengan tenaga uap atau oleh batere listrik, atau oleh tenaga penggerak lain sehingga mencapai titik yang paling sempurna. Tapi jelas, berjuta-juta mobil di abad lalu 90% menggunakan mesin dengan empat dorongan pembakaran yang merupakan hasil penemuan Otto.
Namun demikian, dalam jangka waktu lima belas tahun sejak Otto menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran, dua penemu yang berbeda- beda, Karl Benz dan Gottlieb Daimler, masing-masing secara tersendiri membuat mobil yang praktis dan laku di pasaran. Berbagai tipe mesin sejak saat itu dipakai orang. Malahan bukan mustahil apabila di masa yang akan datang mobil digerakkan dengan tenaga uap atau oleh batere listrik, atau oleh tenaga penggerak lain sehingga mencapai titik yang paling sempurna. Tapi jelas, berjuta-juta mobil di abad lalu 90% menggunakan mesin dengan empat dorongan pembakaran yang merupakan hasil penemuan Otto.
Pada umumnya, penemuan-penemuan
ilmiah besar memberikan kemaslahatan bagi umat manusia walaupun ada
beberapa penemuan yang telah mengakibatkan berjuta orang meninggal sebut
saja seperti penemuan bahan peledak atau senjata modern. Namun
demikian, penemuan Otto ini telah mengubah dunia yang hampa menjadi
hingar bingar dengan berseliwerannya mobil-mobil yang berdampak pada
peningkatan mobilitas aktivitas manusia. Nikolas August Otto lahir tahun
1832 di kota Holzhausen, Jerman.
Ayahnya meninggal dunia ketika dia masih kecil. Sekolahnya harus terputus mengingat sudah tidak memiliki biaya untuk sekolah tatkala umurnya masih enam belas tahun sehingga dia mulai bekerja dan berbisnis untuk menopang kehidupannya. Pada waktu itu, dia sempat bekerja di toko makanan, pernah jadi klerek di Frankfurt, dan terakhir menjadi pedagang keliling yang kesana kemari menjajakan dagangannya.
Ayahnya meninggal dunia ketika dia masih kecil. Sekolahnya harus terputus mengingat sudah tidak memiliki biaya untuk sekolah tatkala umurnya masih enam belas tahun sehingga dia mulai bekerja dan berbisnis untuk menopang kehidupannya. Pada waktu itu, dia sempat bekerja di toko makanan, pernah jadi klerek di Frankfurt, dan terakhir menjadi pedagang keliling yang kesana kemari menjajakan dagangannya.
Sekitar tahun 1860, Otto mendapatkan
kabar bahwa adanya penemuan mesin yang digerakan oleh gas oleh Etienne
Lenoir(1822 - 1900), mesin pembakar pertama yang bisa bergerak. Otto
menyadari, kalau saja mesin Lenoir bisa menggunakan bahan bakar cair,
pasti akan lebih berdaya guna karena tidak perlu lagi memikirkan soal
pembuangan gas. Otto kemudian merancang sebuah alat yang disebut dengan
karburator, tapi ciptaannya ini ditolak oleh kantor paten karena alat
yang serupa pernah dibikin orang lain.
Tak kehabis akal dan putus asa, Otto
terus menekuni penyempurnaan ciptaan Lenoir. Pada Tahun 1861 terpikir
olehnya gagasan pembuatan sebuah mesin dasar model baru., yang bergerak
atas dasar empat dorongan putaran (mesin Lenoir dengan dua dorongan).
Pada bulan Januari Otto membikin jenis mesin tersebut. Namun demikian,
dia menemui banyak rintangan dan kesulitan, khususnya dalam
mempraktiskan mesin itu. Sehingga kemudian dia meninggalkan pekerjaan
ini.
Sebagai gantinya dia mengembangkan “mesin udara” sebagai langkah penyempurnaan mesin dengan dua dorongan yang digerakkan oleh gas. Pada tahun 1863 dia mematenkan hasil penemuannya ini. Tidak lama kemudian dia bersama Eugena Langen membikin pabrik kecil dan menyempurnakan hasil rancangannnya. Pada tahun 1867 mesin dua dorongannya dianugerahi medali dalam World Fair di Paris. Setelah itu, penjualan mesinnya melesat dan keuntungan perusahaan pun melimpah. Tahun 1872 dia memperkerjakan Gottlieb Daimler, seorang insinyur brilian yang punya banyak pengalaman dalam manajemen pabrik untuk memperlancar produksi mesinnya.
Meski telah berhasil menemukan mesin dengan dua pendorong yang telah membikin dia kaya, dia tetap berambisi untuk membuat mesin dengan empat dorongan yang mengkompres campuran minyak dan udara sebelum terjadi pembakaran yang akan merupakan penyempurnaan mesin Lenoir tak terbandingkan. Model ini akhirnya dapat dibuat pada tahun 1876 tepatnya pada bulan Mei dan setahun kemudian patennya dia peroleh.. Dan penemuannya ini telah terjual sebanyak 30.000 mesin dalam waktu 10 tahun dan telah menyisihkan sepenuhnya mesin hasil temuan Lenoir.
Sebagai gantinya dia mengembangkan “mesin udara” sebagai langkah penyempurnaan mesin dengan dua dorongan yang digerakkan oleh gas. Pada tahun 1863 dia mematenkan hasil penemuannya ini. Tidak lama kemudian dia bersama Eugena Langen membikin pabrik kecil dan menyempurnakan hasil rancangannnya. Pada tahun 1867 mesin dua dorongannya dianugerahi medali dalam World Fair di Paris. Setelah itu, penjualan mesinnya melesat dan keuntungan perusahaan pun melimpah. Tahun 1872 dia memperkerjakan Gottlieb Daimler, seorang insinyur brilian yang punya banyak pengalaman dalam manajemen pabrik untuk memperlancar produksi mesinnya.
Meski telah berhasil menemukan mesin dengan dua pendorong yang telah membikin dia kaya, dia tetap berambisi untuk membuat mesin dengan empat dorongan yang mengkompres campuran minyak dan udara sebelum terjadi pembakaran yang akan merupakan penyempurnaan mesin Lenoir tak terbandingkan. Model ini akhirnya dapat dibuat pada tahun 1876 tepatnya pada bulan Mei dan setahun kemudian patennya dia peroleh.. Dan penemuannya ini telah terjual sebanyak 30.000 mesin dalam waktu 10 tahun dan telah menyisihkan sepenuhnya mesin hasil temuan Lenoir.
Paten Otto ini pernah jadi perkara
pada tahun 1886, dimana seorang berkebangsaan Perancis Alponse Beau de
Rochas punya gagasan serupa di tahun 1862 dan telah mempatenkannya.
Namun, dia tidak terlalu berpengaruh karena penemuannya tidak pernah
dipasarkan, dan lebih dari itu hasil temuan dia tidak pernah muncul
sebagai suatu model. Selain dari itu, Otto tidak pernah dapat ilham dari
Rochas. Hal itu, bukannya membuat hak paten Otto menjadi hilang
melainkan pasaran mesinnya makin merajalela dan tentunya telah membuat
dia menjadi lebih kaya raya.
Nikolas August Otto meninggal pada tahun 1891 dalam keadaan kemashurannya. Sebelum tahun 1876, ketika Otto menciptakan mesinnya, penyempurnaan menuju adanya mobil yang praktis, hampir mustahil. Sesudah tahun 1876, ketika Otto menemukan mesin dengan empat dorongan pembakaran, terbukalah kemungkinan-kemungkinan itu dan menjadi kenyataan hingga saat ini. Dengan sendirinya, Nikolaus August Otto tidak bisa dipungkiri merupakan salah seorang yang telah berhasil membuat dunia menjadi lebih modern seperti sekarang ini.***
Nikolas August Otto meninggal pada tahun 1891 dalam keadaan kemashurannya. Sebelum tahun 1876, ketika Otto menciptakan mesinnya, penyempurnaan menuju adanya mobil yang praktis, hampir mustahil. Sesudah tahun 1876, ketika Otto menemukan mesin dengan empat dorongan pembakaran, terbukalah kemungkinan-kemungkinan itu dan menjadi kenyataan hingga saat ini. Dengan sendirinya, Nikolaus August Otto tidak bisa dipungkiri merupakan salah seorang yang telah berhasil membuat dunia menjadi lebih modern seperti sekarang ini.***
0 komentar
Posting Komentar