Gerakan Kiri

Revolusi Indonesia

Rabu, 12 November 2014

Che Guevara: Ikan Mati oleh Mulutnya Sendiri

Che_Guevara_3_by_MarcosPal
















  Pengantar
Pepatah The Fish die by the Mouth ditujukan kepada mereka yang harus menerima kesulitan bahkan sampai kematian karena ucapan/tindakan mereka sendiri. Dapatkah mitos reputasinya bertahan setelah fakta lain dari diri Che dari kata-katanya sendiri?
Artikel ini bertujuan mengungkap kebenaran tentang Che, mengungkap tentang sisi lain seorang tokoh ikonik yang berkembang di kalangan masyarakat yang ternyata merasa kagum dengan pembunuh massal. Tulisan ini mencoba mengekspos fakta-fakta berdasarkan tulisan-tulisannya, buku harian, pidato, surat dan percakapannya dengan orang-orang yang mengenalnya.
Tahun-tahun Awal

Che tak pernah mempertanyakan kejahatan Stalin dan Mao, maupun konsepsi totaliter Marxisme, itu tidak sesuai dengan cita-cita kebebasan dan demokrasi. Ia membela gagasannya tentang Stalin sampai kematiannya. Fanatismenya membuat ia menjadi musuh bebuyutan kebebasan. Penulis asal Prancis, Regis Debray yang menulis “Revolution in revolution”, menulis tentang Che: “Dia mahir dalam paham totalitarian hingga rambutnya yang terakhir di tubuh.”
Alberto Benegas Lynch dalam bukunya MY COUSIN THE CHE menulis: “Pada satu kesempatan, salah satu bibi saya mengatakan kepada saya bahwa sejak usia dini Che senang menyebabkan penderitaan pada hewan dan, setelah tumbuh dewasa, bersikeras bahwa kematian (orang lain) itu tidak begitu buruk dan bahwa, dalam konteks ini, ia berada di depan tentang definisi Woody Allen: “mati sama saja dengan jatuh tertidur tapi tanpa bangun untuk buang air kecil.” Sejak usia dini sadisme Che menjadi transparan.
Carlos “Calica” Ferrer, salah satu teman pertama Che, mengaku telah memfasilitasi hubungan seksual pertama Che dengan pembantu keluarga Ferrer. Ia kemudian menjadi terbiasa berhubungan seks dengan pelayan yang bekerja di rumah-rumah kerabat dan teman-temannya.
Carlos Figueroa, teman Guevara di masa muda di Alta Gracia, berbicara tentang Che: “Saya menjulukinya Fast Rooster karena dia makan di ruang makan, dan segera, ketika mucama (pembantu) memasuki ruangan ia memaksanya untuk naik di atas meja untuk melakukan hubungan seks dengan cepat. Setelah selesai ia menyingkirkan setan miskin itu dan melanjutkan makan seolah-olah tidak ada yang terjadi…” Dia menggunakan wanita dengan status sosial yang lebih rendah sebagai objek seks.
Che tidak menunjukkan minatnya dalam politik Argentina selama bertahun-tahun sebagai mahasiswa, tidak seperti teman mahasiswa lainnya yang suka berdebat tentang politik dan berpartisipasi dengan berbagai cara. Sikap ini berlawanan dengan orang tua dan teman dekatnya Alberto Granado yang menentang Peronismo. Che mengakui dalam sebuah surat yang ia tulis dua puluh tahun kemudian: “Aku tidak punya keasyikan sosial pada masa remaja saya dan tidak berpartisipasi dalam politik atau perjuangan mahasiswa di Argentina”.[1]

Tidak ada komentar lain selain kutipan surat tersebut, baik surat maupun bukti lain, yang bisa dijadikan referensi pendapatnya tentang peristiwa politik Argentina paling penting pada waktu itu.
Selama periode itu Che sedang belajar di University of Buenos Aires. Pendapatnya sehubungan dengan militan politik kiri, yang kami konfirmasi lewat pacarnya María del Carmen Ferreyra “Chichina,” menceritakan bahwa Che memiliki sikap kritis berkaitan dengan militan sayap kiri, yang ia tuduh sebagai “sektarian dan kurang dalam fleksibilitas.”
Perjalanan Pertama Melewati Amerika Latin
Dalam “Notas de Viaje”, buku harian perjalanannya melewati Amerika Latin pada tahun 1952, ia menceritakan bahwa pada saat kedatangannya di Chili ia dan Granado menyamar sebagai dokter spesialis di leprology. Dalam wawancara dengan sebuah koran lokal mereka mengakui hal itu, yang membuat mereka populer di kalangan penduduk, menggunakan cara kebohongan untuk mendapatkan ruang bebas dan tempat tinggal. Dalam hal ini, orang lain yang berpendapat tentang Che menyebut bahwa ia kurang dalam hal kejujuran ketika berada dalam kesulitan di jalannya. Ini membuat jelas ada kekurangan moral dan etika dalam diri Che.

Ketika menunggu kapal yang akan membawa mereka ke Easter Island, Che menulis: “Easter Island … di sana punya pacar kulit putih merupakan kehormatan bagi para perempuan. Di sana, pekerjaan, harapan, para wanita melakukan itu semua, sekali makan, tidur dan tetap berisi … Kepentingan apa yang membuat bertahan setahun di sana, siapa yang peduli tentang studi, gaji, keluarga, dll.”[2] Komentar ini memberikan perlawanan bagi kejantanan, sikap diskriminatifnya terhadap perempuan (di Easter Island).
Sikap rasis Che menjadi jelas dalam komentar di buku harian perjalanannya: “Orang kulit hitam, contoh-contoh luar biasa dari ras Afrika yang telah mempertahankan kemurnian ras mereka berkat kurangnya afinitas dengan mandi, telah melihat wilayah mereka diserang oleh jenis budak baru: Portugis. Penghinaan dan kemiskinan menyatukan mereka dalam perjuangan sehari-hari, tetapi cara yang berbeda dalam menangani kehidupan benar-benar memisahkan mereka, hitam adalah malas dan pemimpi, pengeluaran sedikit upah pada kesembronoan atau minuman, Eropa memiliki tradisi kerja dan tabungan, yang telah mengejarnya sejauh ini di sudut Amerika dan mendorong dia untuk memajukan dirinya, bahkan terlepas dari aspirasi individu sendiri.”[3] Film “The Motorcycle Diaries” menghilangkan bagian tentang buku harian Che ini.
Pernyataannya tentang kulit hitam yang diakibatkan kebiasaan kurang mandi sungguh bertentangan dengan masa muda Che. Ketika masih muda, Che mendapat julukan “el Chancho” (babi), karena ia jarang mandi.

Enrique Ros dalam artikelnya “Che Guevara: His questionable medical title” menulis: “Pada bulan Desember, dalam waktu kurang dari 22 hari di universitas, ia melewatkan sebelas kelas. Lima belas, hampir setengah dari program yang dibutuhkan untuk memperoleh gelar doktor, diperiksa dan disahkan hanya dalam tiga bulan, tanpa harus menghadiri kelas atau praktik sepanjang tahun dengan kemungkinan pengecualian beberapa minggu terakhir …. Ernesto Guevara de la Serna harus menghadiri 25 jam sehari! dalam setiap 66 hari sekolah bulan Oktober, November dan Desember 1952 dalam rangka untuk memenuhi persyaratan akademik dari kurikulum 1937 yang berlaku pada tahun 1948 ketika ia kuliah di Fakultas Kedokteran di University of Buenos Aires …. Berhadapan dengan kontradiksi baru saya meminta salinan catatan akademis dari Ernesto Guevara …. Saya diberitahu bahwa Fakultas Kedokteran tidak bisa memberi salinannya kepada saya karena catatan akademis dari Ernesto Guevara de la Serna telah dicuri.” Saat menjadi seorang fotografer amatir, tidak dapat dibayangkan ternyata Che tidak memiliki foto kelulusannya, atau kesaksian lulus dari dokter atau bukti kelulusan lainnya. Ini seakan membuktikan bahwa Che seorang lulusan dokter bisa dikatakan hanya sebuah mitos yang lain tentang dirinya.
Pada bulan Agustus tahun 1953 dari El Cuzco ia menulis kepada ibunya bahwa dalam delapan hari mereka ada di sana, “El Chancho mandi sekali dan dengan kesepakatan bersama, itu untuk tujuan kesehatan saja.”[4] Guevara dalam buku harian Bolivia-nya pada 10 September 1967, menulis: “Aku lupa menekankan fakta, hari ini, setelah lebih dari enam bulan, aku mandi. Ini adalah catatan bahwa banyak yang sudah tercapai.” Kawannya dari Kuba, karena kurangnya dalam membersihkan diri, menjulukinya “ball of filth” (bola kotoran).

Dalam “Notas de Viaje” ia menulis komentar berikutnya yang ia sebut “Notas en el Margen”: “… dan aku tahu, karena aku melihat itu dicetak di malam hari, bahwa Aku, doktrin dissector eklektik dan dogma-dogma psikoanalis, meraung seperti kesetanan, akan serangan barikade atau parit, akan noda darah di senjataku dan, sangat marah, akan menggorok leher setiap yang dikalahkan dan jatuh ke tanganku … Dan aku merasa lubang hidungku melebar, menikmati bau tajam mesiu dan darah, musuh mati; sekarang tubuhku tegang, siap untuk melawan, dan aku mempersiapkan diriku sebagai tempat suci sehingga membangkitkan kembali getaran baru dan harapan baru lolongan kebinatangan kemenangan proletariat.”[5] Anak muda ini, egosentris dan sombong, dalam komentar itu mengungkapkan retorika dan ideologinya yang keras. Komentar ini juga dihilangkan dalam film “The Motorcycle Diaries.”
Perjalanan Kedua Melewati Amerika Latin
Dalam catatannya tentang perjalanan kedua, Juli 1953 di Bolivia, ia menceritakan hal berikut: “Ketika membawa semua barang-barang kami akan naik ke kelas dua, seorang petugas dari penyelidikan menemui kami dan setelah beberapa lobi ia mengusulkan kami untuk naik ke kelas pertama dan bebas pergi ke Cuzco dengan dua tanda pangkat dari mereka, yang tentu saja, kami terima. Jadi kami bepergian dengan nyaman dan memberikan kelas pertama kepada orang-orang dengan harga kelas dua.”[6] Di seperti mencerminkan moralnya dalam kurangnya sikap hemat.

Setibanya di Kosta Rika, ia menulis bagai berikut: “Aku tinggal di luar dengan wanita muda berkulit hitam yang saya jemput, Socorro, lebih pelacur dari ayam betina, berusia 16 tahun.” Sikap Guevara yang jijik terhadap perempuan yang jelas dan kecemburuan sosial laten menjadi jelas pada beberapa kesempatan.
Pada 10 Desember 1953, ia menulis kepada bibinya dari San José, Kosta Rika, “Dalam el Paso aku memiliki kesempatan untuk melewati wilayah kekuasaan United Fruit, meyakinkanku sekali lagi betapa mengerikan gurita kapitalis ini. Aku telah bersumpah sebelum foto kami tua dan keluarga Stalin berkabung saya tidak akan beristirahat sampai aku melihat gurita kapitalis ini dimusnahkan.” Surat lain yang sama untuk bibi ditandatangani dengan kata-kata “Stalin II.”
Bahkan lebih penting adalah fakta bahwa ketika Guevara mengunjungi Uni Soviet dalam kapasitasnya sebagai salah satu pemimpin revolusi Kuba pada November 1960, ia bersikeras menempatkan bunga penghormatan di makam Stalin, mengabaikan rekomendasi dari duta Kuba, Faure Chomón (salah satu korban yang selamat dari Directorio Revolucionario yang menyerang Istana Kepresidenan). Hal ini penting untuk diingat bahwa itu terjadi lebih dari empat tahun setelah pembongkaran Khrushchev tentang kejahatan Stalin.

Selama sebagian besar hidupnya Che Guevara tidak memiliki pekerjaan tetap, dan bergantung pada ibunya, adiknya Celia dan bibinya Beatriz, yang mengirim uang kepadanya, dan wanita lain dalam hidupnya untuk membantu dia dalam mendapatkan pekerjaan dan juga dalam pembayaran utang-utangnya. Jon Lee Anderson dalam biografinya tentang Che menulis hal yang berkaitan dengan kasus itu: “Untuk membantu dia dalam usahanya mendapatkan tempat pengobatan, dia berhubungan baik dengan Hilda Gadea yang kemudian memperkenalkannya dengan beberapa petinggi pemerintah … Para pesaing utama yang menarik perhatian Ernesto pada bulan Februari dan Maret 1954 adalah seorang perawat bernama Julia Mejia. Dia telah menata sebuah rumah di Lake Amatitlan di mana Ernesto bisa pergi dan menghabiskan akhir pekan. Tak lama kemudian, mereka memiliki hubungan kasual ….. Pada bulan Maret, situasi Ernesto mengalami sangat sedikit perubahan. Hilda melunasi sebagian hutang Che, dan Julia Mejia mendatangi wawancara kerja di timur hutan Peten ….. Beberapa perhiasan Hilda diberikan untuk melunasi sebagian tagihan Che ….. Segera, ia menemukan pekerjaan bongkar muatan tong di kru konstruksi jalan pada malam hari. Pada malam kedua ia masih bekerja …. Itu adalah kerja fisik pertama yang berkelanjutan yang ia lakukan.”
Pada bulan Juli, Che menulis dalam buku hariannya yang ditujukan kepada Hilda, “Apa yang mempengaruhinya adalah bahwa aku mengaku tentang bercinta dengan perawat.”[7] Pada bulan Agustus temannya Gualo Garcia tiba di Guatemala di salah satu pesawat yang datang membawanya dari pengasingan Argentina, membawa 150 dolar kiriman dari keluarga Che dan ia memberikan kepadanya. Che menulis dalam buku hariannya bahwa mereka juga mengiriminya, “dua setelan, 4 kilo yerba dan tumpukan hal-hal kecil yang bodoh.”[8]
Che menghilang bersama Hilda ke San Juan Sacatepéquez dalam perjalanan selamat tinggal, dan ia menjelaskan hal berikut dalam buku hariannya: “hari ini, saya dedikasikan untuk mengucapkan selamat tinggal ke Guatemala dengan tamasya singkat ke San Juan Sacatepéquez dengan kemanjaan yang melimpa dan baling-baling dangkal.”[9]

“Sembilan belas lima puluh lima dimulai dengan sedikit perubahan untuk Ernesto. Untuk saat ini, realitasnya tetap sebagai gelandangan muda Argentina”….”faktanya bahwa Ernesto sekarang sesekali menjadikan Hilda sebagai tempat meminjam uang” dan, sebagaimana ia tulis dalam buku hariannya, ‘untuk memenuhi kebutuhannya yang mendesak untuk bercinta dengan seorang wanita’.”[10]
Dalam hidup menggelandang atas pilihannya sendiri ini, ia menunjukkan kepada kita sebagai orang yang kejam, keras, tidak bertanggung jawab dan mengambil keuntungan dari perempuan yang telah membantunya selama periode hidupnya, yang dianggapnya memiliki kepribadian rendah, yang justru membantu dia untuk tetap hidup dengan kecukupan dalam periode “hidup tanpa bekerja”.
Mereka yang berusaha untuk menggambarkan Che sebagai dermawan dan sesuai dengan nilai-nilai Kristen, jawabannya diberikan kepada mereka dalam kutipan dari surat yang ia tulis kepada ibunya pada 15 Juli 1956 dari sebuah penjara Meksiko: “Aku bukan Kristus atau filantropis, aku kebalikan dari Kristus, dan sesuatu dari filantropi tampaknya …. (kata tidak terbaca), aku berjuang untuk hal yang aku percaya dengan semua senjata di pembuanganku, dan mencoba untuk meninggalkan kematian lainnya dan menghindarkan diri sendiri dipaku di salib atau apapun.”

Dalam sebuah surat kepada Tita Infante, pada bulan Oktober 1956, ia berkomentar: “Tentu saja, semua karya ilmiah pergi ke neraka dan sekarang aku hanya menjadi pembaca tekun Carlitos dan Federiquito (mengacu pada Karl Marx dan Frederick Engel) dan ito lainnya …. Di sisi lain aku akan memberitahu Anda bahwa aku memiliki sekelompok anak-anak kelas enam yang terpesona dengan petualanganku dan tertarik untuk belajar sesuatu tentang doktrin San Carlos (eufemisme untuk Karl Marx) …. Waktu luang aku dedikasikan untuk studi informal doktrin San Carlos.” Dalam hal ini dan surat lainnya menjadi jelas Che berupaya pembentukan paham Marxis, dan dalam hal ini juga penggunaan doktrin Marxis untuk “mencuci otak” anak-anak dengan tujuan politik.
Pedro Corzo dalam film dokumenter “Anatomia de un Mito” menghubungkan percakapannya dengan Miguel Sanchez, el “Coreano”, menanggapi instruksi militer dari ekspedisi serangan Granma pasukan Castro di Meksiko pada tahun 1956. El Coreano menegaskan bahwa “Che selalu memiliki masalah dengan kulit hitam dan membenci mereka sama seperti orang Indian Meksiko”, yang ia sebut sebagai “orang Indian Meksiko buta huruf.” Che menunjukkan lagi sikapnya yang rasis.
Haus Darah di Sierra Maestra
Para pemberontak akhirnya bersiap-siap untuk menyerang, meninggalkan Osorio dengan dua orang tahanan. “Perintahnya adalah untuk membunuhnya dalam semenit tembakan dimulai,” tulis Che dengan blak-blakan, “dimana mereka taat dengan ketegasan.”[11] Eksekusi berlangsung pada dini hari 17 Januari 1957 saat penembakan dimulai .

Hilda Gadea, istri pertama Che, menerbitkan dalam bukunya Ernesto: A Memoir of Che Guevara di Sierra Maestra, surat yang ia kirim kepadanya tanggal 28 Januari 1957, di mana disposisi sadis dan kekerasan itu dapat dijelaskan dalam kalimat ini: “Kepada Perempuan Tua: Di hutan Kuba ini, hidup dan haus darah, saya bersemangat menulis baris-baris terinspirasi oleh Marti.”
Pada 18 Februari 1957 seorang pemandu desa Eutimio Guerra, dituduh memberikan informasi kepada musuh. Dia dituntut sebagai pemberontak dan dijatuhi hukuman mati. Pada saat eksekusi, teman-temannya tidak ragu-ragu untuk menembaknya, dan saat itulah Che melangkah ke depan, menarik pistolnya membunuh Eutimio dengan tembakan di kuil, gambaran yang ia tulis dalam buku hariannya dari Sierra Maestra: “…. aku akhiri masalah dengan memberinya tembakan dengan pistol (kaliber) 32 di sisi kanan otaknya, keluar lubang di kanan sifat keduniawian. Dia tersentak sebentar dan mati. Setelah melanjutkan untuk menghapus sisa jasadnya aku tidak bisa turun menontonnya diikat dengan rantai di pinggangnya, dan kemudian dia mengatakan kepada saya dengan suara mantap daripada ketakutan: “Yank it berakhir, anak laki-laki, apa bedanya …. Aku melakukannya dan harta miliknya kini milikku.”[12] Kemudian Che menulis dalam buku hariannya: “…. untuk mengeksekusi manusia adalah sesuatu yang jelek, tapi teladan. Mulai sekarang tidak ada di sini akan merujuk kepada saya lagi sebagai pencetus gerilya.” Dalam sebuah surat kepada ayahnya mengacu pada eksekusi ini ia menulis:”Aku ingin mengaku, papa, pada saat itu aku menemukan bahwa aku benar-benar seperti pembunuh.”

Marcos Bravo, pemimpin Movimiento 26 de Julio, dalam bukunya La Otra Cara Del Che, menceritakan bahwa seorang tentara pemerintah berusia 17 tahun ditangkap dan diinterogasi oleh Che, menjawab: “Aku tidak membunuh siapa pun, komandan. Aku baru saja keluar di sini! Aku anak tunggal, ibu saya seorang janda dan saya bergabung dengan tentara untuk gaji, untuk mengirim uang kepadanya setiap bulan … jangan bunuh aku!” Che menjawab, ” Jangan bunuh aku! – Mengapa?” Prajurit muda itu diikat di depan lubang yang baru digali dan ditembak.
Pada bulan April chivato (informan) Filiberto Mora membuat trik dan ditangkap oleh pemberontak, dan Che menulis dalam buku hariannya: “Seseorang, Filiberto, telah menipu, tapi begitu ia melihat Fidel ia menyadari apa yang terjadi dan mulai meminta maaf.”….”Chivato itu dieksekusi; sepuluh menit setelah memberinya tembakan di kepala aku nyatakan dia mati.”
Pada akhir Mei dua tentara dalam pakaian sipil, yang memata-matai sekitar kilang penggergajian Uvero, ditawan. Kami bertekad untuk mengeksekusi mereka sebelum serangan ke tentara di Uvero tersebut. Che menulis dalam buku hariannya: “Makam itu digali untuk dua informan perintah dan memerintah mereka berbaris. Penjaga di belakang mereka yang mengeksekusi mereka.”

Pada bulan September Enrique Acevedo, berusia lima belas tahun dan satu pasukan dengan Che, menulis dalam buku hariannya: “Saat fajar, mereka membawa seorang pria besar berpakaian hijau, kepala dicukur seperti militer dengan kumis besar: ia adalah Cuervo, yang memicu masalah di zona San Pablo de Yao y Vega la Yua. Dia telah melakukan pelanggaran di bawah bendera 26 Juli …. Che menerima dia di tempat tidur gantung. Tahanan mencoba untuk memberikan tangannya, tetapi tidak menemukan jawaban. Apa yang dikatakan tidak mencapai telinga kami, bahkan jika mereka berkata keras. Tampaknya terjadi sebuah ringkasan percobaan. Pada akhirnya ia mengirim dia pergi dengan sikap merendahkan tangannya. Mereka membawanya ke sebuah jurang dan mengeksekusi dia … “
Setelah eksekusi, Che pindah ke arah dekat gunung Caracas dalam sebuah operasi untuk membersihkan kelompok bersenjata perintahan Chino Chang yang beroperasi di zona ini. Segera setelah itu Chang ditangkap, penghakiman dimulai. Chang dituduh mencuri dan petani dituduh sebagai pemerkosa, dieksekusi. Che menulis tentang eksekusi: “Pertama kami mengeksekusi petani pemerkosa dan Chino Chang, mereka diikat ke pohon di hutan, keduanya damai …”
Beberapa hari kemudian Dionisio Oliva, dituduh mencuri ternak dan perlengkapan untuk para pemberontak, ditangkap bersama dengan orang lain, di antaranya adalah Echevarría, seorang saudara dari salah satu rekan-rekannya di Granma. Oliva dieksekusi dan Che juga memerintahkan eksekusi Echevarría atas kejahatan yang tidak ditentukan dan menuliskan dalam buku hariannya: “Dia harus membayar harga.”

Pada bulan Oktober Che juga mengeksekusi Aristidio, seorang petani yang selama ketidakhadirannya menjual pistol yang diberinya, dan menyatakan keinginannya untuk meninggalkan kelompok perlawanan ketika pemberontak pindah ke tempat lain. Keraguannya tentang legalitas eksekusi Aristidio itu tercermin dalam buku hariannya: “apakah dia benar-benar cukup bersalah hingga setimpal dengan hukuman mati.”
Dalam kesempatan lain Che akan mensimulasikan eksekusi, terdakwa ditutup matanya dan melepaskan tembakan ke udara, sebagai metode penyiksaan psikologis.
“Jejak Che melalui Sierra Maestra dikotori dengan tubuh chivatos (informan), pembelot dan penjahat yang kematian mereka atas peritahnya dan dalam beberapa kasus ia yang melakukannya sendiri.”[13]
Pada 14 Desember 1957 Che menulis surat kepada René Ramos Latour (“Daniel”), National Coordinator of the Movimiento 26 de Julio yang meninggal dalam pertempuran, sebagai berikut: “Karena latar belakang ideologi, aku percaya bahwa masalah dunia ini terletak di balik apa yang disebut tirai besi dan aku melihat Gerakan ini sebagai salah satu dari banyak hal yang terinspirasi oleh keinginan borjuis untuk membebaskan diri dari rantai ekonomi imperialisme.”[14]

Latour membalas surat Che pada tanggal 18 Desember: “Biarkan aku menempatkan diri sesuai pandangan kami, yang tentu saja sama sekali berbeda dengan Anda … perbedaan mendasar kami adalah bahwa kami prihatin membuat orang tertindas di bawah pemerintah ‘kami Amerika’ yang menanggapi kerinduan mereka untuk Kebebasan dan Kemajuan, pemerintah yang dapat menjamin hak-hak mereka sebagai negara bebas dan membuat diri mereka dihormati oleh negara-negara besar. Di sisi lain, orang-orang dengan persiapan ideologis seperti Anda percaya bahwa solusi masalah kita adalah dengan menyingkirkan dominasi Yankee berbahaya melalui dominasi Soviet yang tak kalah berbahaya.”[15] Dalam surat yang sama Ramos Latour menulis bahwa ideologi Movimiento 26 de Julio terinspirasi oleh pemikiran politikus ternama Jose Marti, yang konsisten membuat Kuba menjadi daerah demokratis dan sejahtera, tetapi dengan keadilan sosial, diperlukan perjanjian dengan kekuatan oposisi yang diperkuat dan sehat.
Dr Armando M. Lago, pendiri Cuba Archive, menghitung total 47 eksekusi, kebanyakan dari mereka guajiros (petani), dilakukan oleh gerilyawan, dan 35 korban lainnya akibat perang gerilya, selama tahun 1957. Angka-angka ini menjadi bukti meyakinkan teror yang ditanamkan oleh perang gerilya.

Pada 27 Juni 1958 Che menulis dalam buku hariannya: “Di malam hari ada tiga yang lolos”. Salah satunya adalah dua orang, Rosabal dihukum mati karena menjadi chivato, Pedro Guerra dari skuat Sori dan dua tahanan militer. Pedro Guerra ditangkap: ia telah mencuri pistol untuk melarikan diri. Dia segera dieksekusi.”[16]
Vargas Llosa menulis sebagai berikut: “Dia juga memerintahkan anak buahnya untuk menyerang bank, keputusan yang ia benarkan dalam sebuah surat kepada Enrique Oltuski, seorang bawahan, pada bulan November 1958: ‘Massa pejuang setuju untuk merampok bank karena tidak satupun dari mereka memiliki uang di sana …’ dorongan untuk mencuri harta orang lain dan mengklaim wilayah kepemilikan adalah pusat penindasan politik Guevara.”Apa yang diusulkan adalah kembali ke masa politik gansterimo yang berlangsung di akhir dekade 40-an, dengan siapa Castro dikaitkan selama hari-hari bersama muridnya.

Jaime Costa Vazquez, mantan komandan tentara pemberontak, mengatakan bahwa banyak dari eksekusi dikaitkan dengan Ramiro Valdes, yang kemudian menjadi Menteri Dalam Negeri Kuba, adalah tanggung jawab langsung Guevara, karena Valdes adalah bawahannya dan pelaksana perintahnya. “Jika meragukan, bunuh dia,” instruksi Che. Costa mengatakan bahwa Che memerintahkan eksekusi puluhan orang setelah jatuhnya Santa Clara. Marcelo Fernandes-Zayas dalam artikelnya “The other side of the coin,” mengatakan: “Penangkapan di kota Santa Clara berdarah bagi lawan mereka …. Banyak tahanan yang dieksekusi. Dikirim ke dinding eksekusi tanpa pengadilan atau belas kasihan. Eksekusi ini dilakukan di depan fotografer, wartawan dan kamera film. Para tahanan, dalam banyak kasus, adalah pemuda desa yang telah bergabung dengan tentara sebagai jalan terakhir agar tidak menganggur dan dikenal sebagai ‘casquitos’ (helm-helm kecil).”
Che di La Cabaña
Guevara ditunjuk oleh kepala militer Castro dari benteng La Cabana di Havana setelah Batista melarikan diri dari Kuba, posisi yang dipegangnya sejak Januari hingga September 1959, dan juga penanggung jawab dari Comisión Depuradora (Komisi Cleansing), dengan tujuan melaksanakan teror revolusioner. Dalam sebuah penampilan di TV Channel 6 di bulan Februari 1959, Che menyatakan bahwa “di La Cabana semua eksekusi yang dilakukan di bawah perintah mengekspresikan diriku.” Di sini ia memimpin ratusan eksekusi dalam uji kecepatan bahkan penulis biografi Jorge Castaneda merasa simpati, dalam bukunya Companion: Life and Death of Che Guevara, mengatakan bahwa “mereka melakukan itu tanpa rasa hormat demi kebaikan dan keadilan.”

Luis Ortega, dalam bukunya ¡Yo soy el Che! berhubungan degan apa diberitahu Che kepada Duke Estrada: “Hal ini diperlukan untuk bekerja di malam hari, pria itu menawarkan resistensi yang kurang pada malam hari dibandingkan siang hari. Dalam ketenangan nokturnal perlawanan moral melemah. Melakukan interogasi pada malam hari. Hal ini tidak perlu membuat banyak pertanyaan untuk menembak seseorang. Apa yang perlu Anda ketahui adalah jika perlu tembak dia. Tidak lebih. Anda harus selalu memberikan tuduhan kemungkinan untuk melakukan pembongkaran kebenaran sebelum mengeksekusi dirinya. Dan ini berarti, aku mengerti dengan baik bahwa terdakwa selalu harus dieksekusi, tanpa berbelit-belit yang bisa membuatnya lolos. Jangan salah tentang hal ini. Misi kami tidak termasuk memberikan jaminan prosedural kepada siapa pun, tetapi untuk membuat revolusi, dan kami harus mulai dengan jaminan prosedural yang sama.”
Napoleón Vilaboa, anggota Movimiento 26 de Julio dan penasehat Che di La Cabana, berkaitan dengan eksekusi José Castano Quevedo, direktur Buro de Represión de Actividades Comunistas (BRAC), terhadap tuduhan kriminal yang tidak diadili dan tidak mempertimbangkan dia yang seorang pimpinan kantor Che: “Sambil memberikan lap di sekitar meja dan kursi di mana militer sedang duduk, Che menarik pistol 45 dan membunuhnya di sana dengan dua peluru di kepala.”

Kisah lain ditawarkan oleh mantan tahanan politik Pierre San Martin, saksi mata pembunuhan anak laki-laki antara 12 dan 14 tahun yang dilakukan oleh monster kekejaman keji Che Guevara di benteng La Cabana pada tahun 1959: “… suara pintu besi dibuka terdengar ketika mereka melemparkan orang lain ke dalam sel yang sudah ramai …. Dan apa yang Anda lakukan? kami hampir sama-sama bertanya. Dengan wajah berdarah dan bekas dipukuli ia menatap kami dan menjawab “aku membela ayahku agar mereka tidak membunuhnya, aku tidak bisa menghentikannya. Mereka anak-anak sundal yang membunuhnya.”
Dekat dinding di mana mereka melakukan eksekusi, dengan tangan di pinggang, mondar-mandir dari satu sisi ke sisi kekejian Che Guevera. Dia memberi perintah untuk membawa anak pertama dan ia memerintahkan dia untuk berlutut di depan dinding. Anak itu tidak mematuhi perintah dengan keberanian mengeluarkan kata-kata yang diungkapkan oleh orang yang tidak dikenal: “Jika Anda akan membunuhku Anda harus melakukannya dengan cara anda membunuh orang, berdiri, tidak seperti pengecut, berlutut.”
Berjalan di belakang anak itu, Che mengatakan “dari mana Anda seorang pemuda pemberani” … Dia melapisi pistolnya dengan kain dan menembaknya di tengkuk hingga nyaris memenggal kepalanya.”[17]
Penulis Rumania Stefan Bacie, di dalam puisinya “I do not sing to Che”, dijadikan referensi bagaimana Che Guevara diundang untuk menemaninya melihat bagaimana orang-orang ditembak di dinding di La Cabana.
Tiga bulan pertama dari Revolusi Kuba melihat 568 pasukan dieksekusi tembak. Bahkan New York Times mengakui itu, menurut wartawan koran ini Hart Phillips, “400 di dua bulan pertama.” Wartawan Tetlon dari London Daily Telegraph kemudian menulis, “kadang-kadang empat pengadilan berfungsi secara bersamaan, tanpa pengacara atau saksi, memberikan penilaian, memikirkan hukuman mati, sebanyak 80 orang diadili bersama-sama. Proses peradilan adalah sandiwara tak tahu malu yang membuat terkejut dan mual semua orang yang menyaksikan mereka.”
Jorge Castaneda dalam biografi Guevara-nya menyebutkan bahwa almarhum ayah Iñaki de Aspiazu, Basque seorang Katolik simpatisan revolusi, berbicara termasuk dari 700 korban. Luis Ortega menulis dalam bukunya Yo Soy El Che! bahwa Guevara mengirim 1.897 orang untuk regu tembak. Dalam bukunya Che Guevara: A Biography, Daniel James menulis bahwa Che sendiri mengaku memesan “beberapa ribu” eksekusi selama beberapa tahun pertama rezim Castro. Félix Rodríguez, seorang mantan agen CIA, yang berpartisipasi dalam penangkapan Che di Bolivia, mengatakan bahwa Vargas Llosa menemui Che setelah ditangkap ia menyebut kembali tindak kejahatannya “lebih atau kurang 2.000″ eksekusi yang berada di bawah tanggung jawabnya sepanjang hidupnya. “Ia mengatakan kepada saya bahwa mereka semua adalah agen CIA dan tidak membahas angka.” Kontras dengan pengadilan Nuremberg, pada akhir Perang Dunia Kedua, dari 24 pemimpin Nazi yang dituduh melakukan kejahatan perang hanya 11 dari mereka yang dieksekusi hukuman mati.

Dalam sebuah surat yang ditulis bulan Mei 1959 kepada temannya Julio “El Gaucho” Castro ia mengucapkan selamat tinggal dengan kalimat ini: “Sebuah pelukan semangat dari orang yang disebut dan siapa yang disebut sejarah …. CHE”. Dalam sebuah surat Natal untuk orang tuanya dia menulis: “Kami berjalan di belakang sejarah murni dari kategori tertinggi Amerika, kami adalah masa depan dan kami tahu itu, kami membangun dengan kebahagiaan meskipun kami telah melupakan kasih sayang individu.”[18] Kalimat-kalimat yang menggambarkan dirinya dari kepala sampai kaki, mengungkapkan karakter arogan, delusi keagungan, ketika melebih-lebihkan pentingnya sejarah sendiri.
Ekspor Gerilyawan
Setelah kemenangan revolusi Castro dan Che meluncurkan gerakan gerilya di Amerika Latin. Sebuah rencana segera diselenggarakan untuk memulai fokus gerilya dengan bantuan Che, di Panama, Republik Dominika, Haiti, Nikaragua, Guatemala dan Kolombia.

Invasi Panama pada akhir April 1959 menuai kegagalan. Pihak berwenang Panama menangkap dua penyerbu Kuba. Pada awal Juni kelompok Nikaragua, di antaranya adalah Rodolfo Romero seorang pendamping lama Che, di bawah arahan Joaquin Chamorro, meninggalkan Havana menuju Nikaragua. Chamorro, setelah ditangkap, mengakui bantuan militer yang diberikan oleh Castro dan Che. Invasi Santo Domingo pada pertengahan Juni 1959, berakhir dengan kegagalan dengan pasukan tewas lebih dari 200 orang, di antaranya pemimpin ekspedisi Kuba, Jiménez Moya dan Horacio Rodriguez. Pada Agustus 1959 mereka memulai konflik di Haiti yang berakhir dengan kekalahan pasukan Che. Pada November 1960 beberapa petugas dari tentara Guatemala mengangkat senjata. Pesawat dari Angkatan Udara Kuba terbang di atas lapangan udara militer Zacapa, salah satu dari dua tempat pemberontakan, memasok pemberontak. Pemberontakan ini juga gagal.
Intervensi Kuba di Venezuela untuk mendukung gerilya gagal ketika tentara Venezuela, pada bulan November tahun 1963, mengejutkan mereka dengan memulai mendarat di Kuba di semenanjung Paraguana. Pada bulan Februari 1964 OAS mengutuk campur tangan rezim Castro di Venezuela.
Operasi gerilya dimulai di Argentina pada awal tahun 1964 di provinsi Salta, di bawah tanggung jawab wartawan Argentina Jorge Ricardo Masetti. Operasi ini diawasi oleh Che. Pada bulan April 1964, tentara Argentina menyerang kamp gerilya dan menewaskan beberapa gerilyawan, di antaranya Letkol Kuba, Hermes Peña, pengawal Che, dan 14 ditahan. Masetti menghilang di hutan Salta tanpa meninggalkan jejak, dan fokus gerilya telah dieliminasi. Ketika Alberto Granados bertanya mengapa ia merasa tertekan sebagai akibat dari kemunduran ini, Che menjawab: “Di sini Anda melihat aku di belakang meja, kacau, sementara orang-orang yang aku kirim dalam misi meninggal.”

José Pardo LLada dalam buku Fidel and Che, menulis apa yang dikatakan Che kepadanya tahun 1959: “Kita harus menyingkirkan semua surat kabar, karena revolusi dengan kebebasan pers tidak dapat dilakukan. Koran-koran adalah alat oligarki.” Rezim dikendalikan, mengecam atau mematikan surat kabar dan majalah, stasiun televisi dan radio dan industri film. Kebebasan pers dan informasi ditindas.
Misi Komersial / Diplomatik
Pada bulan Juni tahun 1959 Guevara dikirim dalam misi diplomatik dengan tujuan untuk membangun hubungan perdagangan baru, melakukan penjualan gula dan memperoleh senjata di Yugoslavia, keduanya tidak berjalan sukses. Di Kairo ia bertemu dengan Gamal Abdel Naser, yang mengatakan dalam memoarnya bahwa Guevara bertanya berapa banyak orang telah beremigrasi dari negara mereka sebagai hasil dari reformasi agraria. Ketika Naser menjawab bahwa tak seorang pun telah pergi, Che marah dan mengatakan kepadanya bahwa “cara untuk mengukur kedalaman dari perubahan tersebut adalah mengukur jumlah orang yang merasa bahwa tidak ada tempat bagi mereka di masyarakat baru.”

Di India pertemuannya dengan Perdana Menteri Nehru, saat makan siang, tidak memberikan hasil dalam pembentukan hubungan dagang. Di Jepang proposal untuk mengubah urutan gula oleh produk Jepang ditolak dalam pembicaraan dengan Menteri Perdagangan Luar Negeri. Dalam pembicaraan dengan Presiden Indonesia Soekarno, juga gagal dalam menjual gula dan dalam pembentukan hubungan dagang. Josip Broz selama tinggal di Yugoslavia bertemu Tito, juga tidak sukses dalam memperoleh senjata dari negara ini.
Dalam salah satu paragraf dari surat kepada ibunya bulan Juli 1959, yang diterbitkan dalam buku yang ditulis oleh ayahnya My son the Che, menulis: “Aku masih penyendiri yang sama seperti aku yang dulu, mencari jalanku tanpa bantuan pribadi, tapi sekarang aku memiliki pendirian tanggang jawab sejarah. Aku tak punya rumah, tidak ada wanita, tak  ada anak-anak, atau orang tua, atau saudara-saudara, teman-temanku adalah teman-temanku selama mereka memiliki pemikiran politik sepertiku.” Ketika istrinya Hilda Gadea tiba di Kuba dengan putrinya pada Januari 1959, dia tahu bahwa suaminya tinggal bersama kekasihnya Aleida March, yang hamil. Pada bulan Mei, Che menceraikan istrinya dan menikahi kekasihnya di kantornya di La Cabana. Sesudah bulan madu singkat, ia meninggalkan negara itu dalam perjalanan pertama diplomatiknya. Selama dua bulan ia meninggalkannya, ia tidak pernah berkomunikasi dengan Aleida. Aleida mengatakan kepada Anderson: “Che adalah ‘machista’ seperti kebanyakan orang Latin.” Dia tidak bertanggung jawab dengan keluarganya sendiri, meninggalkan istri dan anak-anak mereka ketika mereka membutuhkan dirinya, untuk melanjutkan petualangan gerilya. Dia menghianati Hilda dengan segala bantuan dan cinta yang sudah dia berikan. Perempuan memainkan peran sekunder dalam hidupnya.
Homofobia Che
Che memainkan peran utama dalam mendirikan kamp kerja paksa pertama Kuba di wilayah Guanahacabibes di Kuba barat pada 1960-1961, untuk mengurung orang-orang dengan kejahatan yang tidak dihukum oleh hukum, revolusioner atau sebaliknya. “Kejahatan” termasuk peminum, gelandangan, tidak hormat pada otoritas, kemalasan dan bermain musik keras. Che berinisiatif membela idenya itu dalam kata-katanya sendiri: “Kami hanya mengirim ke Guanahacabibes kasus-kasus yang diragukan dimana kita tidak yakin orang harus masuk penjara … orang-orang yang telah melakukan kejahatan terhadap moral revolusioner, untuk tingkat yang lebih rendah atau lebih …. Ini adalah kerja keras, kerja tidak kasar, melainkan kerja di sana adalah kondisi yang sulit.”[19]

“Kamp ini akhirnya menjadi pelopor kurungan sistematis, mulai tahun 1965 di provinsi Camagüey, pembangkang, homoseksual, Katolik, Saksi-Saksi Jehovah, pendeta Afro-Kuba, dan lainnya seperti sampah, di bawah bendera UMAP (Unidades Militares de Ayuda a la Produccion) atau Unit Militer untuk Bantuan Produksi. Digiring ke bus dan truk, yang “tidak layak” akan diangkut di bawah todongan senjata ke kamp-kamp konsentrasi yang dibangun di Guanahacabibes. Beberapa dari mereka tidak akan pernah kembali, yang lainnya akan diperkosa, dipukuli, atau dimutilasi. Dan sebagian akan trauma seumur hidup, sebagaimana film dokumenter memilukan Nestor Almendros berjudul Improper Conduct menunjukkan perilaku yang tidak benar Néstor Almendros yang menunjukkan dunia beberapa dekade yang lalu.”[20]
Homofobia Che dinyatakan dalam poster yang ditempatkan di pintu masuk kamp kerja paksa, di mana homoseksual dikurung, yang berbunyi: “The work will make you men” (Pekerjaan akan membuat Anda menjadi pria), tiruan dari slogan “The work will make you free” (Pekerjaan akan membuat Anda bebas) yang digunakan dalam kamp konsentrasi Nazi. Penerapan hukum ketat ini dimaksudkan untuk memperbaiki perilaku homoseksual dengan tujuan memodifikasi penyimpangan sosial ini, kejahatan yang tidak dihukum oleh hukum. Di tahun 80-an dan 90-an non-yudisial ini, pengurungan paksa ini juga diterapkan untuk korban AIDS.

Dalam pidato di TV pada 26 Juni 1961, ketika ia menjadi Menteri Perindustrian, mengatakan: “Para pekerja Kuba harus mulai menggunakan cara hidup kolektif dan bukan berarti mereka bisa mogok bersama.” Pada 15 Desember 1959 menandai awal dari proses pembersihan dari para pemimpin serikat kerja, yang terpilih secara demokratis di kongres X dari CTC yang dilakukan pada bulan November tahun 1959, menghancurkan gerakan serikat buruh dan menghapuskan hak-hak buruh yang ditaklukkan oleh para buruh.
Kegagalan Ekonomi, Diplomatik, dan Politik
Pada tahun 1961 Guevara diangkat menjadi menteri industri, dan dalam penggolongan nama, areal pertaniannya berkurang dan tenaga kerja memanfaatkannya dengan kegiatan lainnya. Industrialisasi Kuba gagal karena keterlambatan material mentah untuk industri-industri baru. Sesudah tahun 1963 harapan dari industrialisasi ditinggalkan, dan selama periode 1961-1991, Island akan bertahan berkat subsidi Soviet sebesar $ 120 juta.
Sebagai kepala dari delegasi diplomatik Kuba dalam Conference of Punta del Este, dalam sambutannya pada pertemuan pleno kelima dari CIES, tanggal 8 Agustus 1961, meramalkan berikut:

“Laju pertumbuhan disajikan sebagai hal yang paling indah untuk semua negara Amerika Latin adalah pertumbuhan berseih sebanyak 2,5 persen … Kami berbicara pertumbuhan 10 persen dengan tidak takut pada apapun; tahun mendatang Kuba meramalkan ada peningkatan pertumbuhan 10 persen … Apa niat Kuba pada tahun 1980? Mendapatkan laba bersih per kapita sekitar $ 3.000; lebih dari yang dimiliki Amerika Serikat saat ini.” Pertumbuhan per kapita Kuba pada tahun 2004 hanya $ 1,873dolar. “Selama periode 1960-1979, Kuba adalah satu-satunya negara Amerika Latin yang menunjukkan hasil PDB negatif. Dalam dekade 1991-2000 rata-rata PDB tahunannya adalah -1.9%, dengan demikian menempatkan Kuba menjadi negara tertinggal di antara negara-negara Amerika Latin, hanya lebih tinggi dari Haiti.”[21] Hasil ini terutama disebabkan efek yang merugikan dari kebijakan ekonomi Che terhadap perekonomian Kuba. Pada tahun 1959 Kuba menduduki peringkat kedua dalam kekayaan ekonomi di Amerika Latin.
Selama Krisis Misil Kuba pada 12 Oktober 1962, Che didukung Fidel dalam konfrontasi nuklir dengan Amerika Serikat. Che kecewa ketika Khrushchev memutuskan, di bawah ancaman perang nuklir, untuk memensiunkan rudal (lihat Nikita Khrushchev Memoirs). Dia mengatakan kepada Sam Russell wartawan Inggris dari surat kabar sosialis Daily Worker bahwa “Jika rudal disisakan kami akan menggunakan untuk melawan mereka di jantung US termasuk New York. Kami tidak harus selalu membangun hidup berdampingan secara damai. Dalam perjuangan sampai mati antara dua sistem ini kami harus memperoleh kemenangan akhir. Kami harus berjalan di jalan pembebasan bahkan jika mengorbankan jutaan korban atom.”

Dalam kebencian yang mendalam terhadap Amerika Serikat, Che tidak ragu-ragu dalam mendukung konfrontasi nuklir tanpa memperhatikan keselamatan sebagian besar warga Kuba dan ummat manusia.
Pada tanggal 11 Desember 1964, selama perdebatan di Majelis Umum PBB Che mengatakan: “Sebagai Marxis kami telah menyatakan bahwa hidup berdampingan secara damai antara negara-negara tidak termasuk koeksistensi antara pengeksploitasi dan tereksploitasi.” Sebagai wakil dari pemerintah Kuba ia diserang dengan keras karena regu tembaknya mengeksekusi tanpa proses peradilan dan bukti seperti yang disyaratkan dalam aturan hukum. Guevara, dalam intervensi kedua, memanfaatkan hak jawabnya: “Kami harus mengatakan di sini tentang apa yang dikenal dengan kebenaran, yang selalu kita nyatakan kepada dunia: Menembak orang iya, kami memiliki regu tembak dan akan berlanjut melakukannya selama diperlukan. Perjuangan kami adalah bertempur sampai mati.”[22] Hal ini menunjukkan sikap keras dengan musuh-musuh politiknya; ia tak segan mengalirkan darah dan tidak khawatir membuat jutaan orang meninggal.
Dalam menanggapi pertanyaan dari Richard Hottelet dari CBS dalam program Face the Nation, New York, 14 Desember 1964, Che menjawab: “Di Amerika, jalan menuju pembebasan rakyat, yang akan menjadi jalan sosialisme, akan berbaris melalui peluru di hampir semua negara, dan aku dapat memprediksi dengan keyakinan bahwa Anda akan menjadi saksi.” Che, seorang penganjur kekerasan politik, gagal sekali lagi.
Guevara, selama perjalanan ke Aljazair tahun 1965, ketika ditanya tentang kegagalan ekonomi dengan sinis ia menjawab: “Kami memiliki sebuah negara untuk percobaan; kami membuat kesalahan tapi kami akan terus bereksperimen sampai kami belajar.” Petualangan belajar tersebut mengakibatkan bencana ekonomi terbesar yang pernah dialami di Amerika Latin.”[23]
Pada bulan Februari 1965 di International Conference of Algeries, Che dalam sambutannya mengkritik kebijakan Uni Soviet yang mengadopsi apa yang disebut “hukum nilai”, yang menyelenggarakan dan mengatur aktivitas manusia dalam masyarakat kapitalis. Hal ini memberikan kontribusi terhadap hubungan yang menjadi dingin antara Kuba dan Uni Soviet. Duta besar Soviet di Havana mengeluh kepada Castro tentang perilaku anti-Soviet Che. Castro tidak setuju dengan kebijakan publik anti-Soviet Che, dan ini menjadi alasan Che dihapus dari lingkaran kekuasaan.

Pada Maret 1965 Castro mengirim Che, yang telah mengambil posisi pro-Cina, sebagai kepala delegasi ke Cina dengan tujuan memulihkan hubungan kedua negara yang rusak. Kawan-kawan seperjuangan Cina berpendapat bahwa revolusi itu dipengaruhi oleh “revisionis soviet “, argumen yang ditolak oleh delegasi Kuba, menyebabkan pembicaraan menjadi tarik-ulur. Che, sekali lagi gagal dalam misinya.
Kegagalan Gerilya di Kongo
Guevara dalam buku hariannya menuliskan pendapatnya tentang pengalaman gerilya di Kongo antara April dan Desember tahun 1965: “Ini adalah sejarah kegagalan.” Petualangan yang dia pimpin di Kongo adalah sebuah kegagalan.
Che, pemimpin kulit putih dari ekspedisi yang terdiri dari dua batalion tentara kulit hitam Kuba, sekitar 200, menemukan kegelapan yang tidak menjamin campuran orang Kuba dengan orang Afrika. Rezim Kuba kemudian mengakui sebagai suatu kesalahan bahwa semua tentara yang dikirim berkulit hitam. Orang kulit hitam Kuba adalah orang asing, yang menganggap diri mereka lebih unggul dan diperlakukan dengan gerakan penghinaan oleh Kongo, dimana mereka marah akan perlakuan tersebut.

Di bagian akhir, Guevara mengajukan pertanyaan Apakah revolusi benar-benar harus melibatkan para petani di wilayah subur di Kongo timur? Dia menyimpulkan bahwa jumlah yang kecil pekerja industri yang puas dan tidak revolusioner, para petani tidak mengalami kelaparan, pasukan tidak percaya mereka akan memerangi Amerika dan ras bukanlah faktor motivasi yang cukup baik. Lagi dan lagi ia menunjukkan kurangnya sifat kepemimpinan di antara orang-orang Afrika, ketidakmampuan para pejuang Kongo dan disorganisasi mengerikan. Penilaian Che membuatnya terlihat seperti seorang rasis. Hal ini juga jelas bahwa tujuan dari orang-orang Afrika yang jauh berbeda dengannya.
Pesan ke Tiga Benua
Dalam bukunya Message to the Tricontinental, 16 April 1967, menulis: “Kebencian sebagai unsur perjuangan; kebencian tanpa henti dari musuh, mendorong kami dari atas dan di luar keterbatasan alam bahwa manusia adalah pewaris dan mengubahnya menjadi efektif, kekerasan, selektif dan mesin pembunuh yang dingin. Tentara kami harus demikian, orang-orang tanpa kebencian tidak bisa mengalahkan musuh yang brutal.”
“Kita harus membawa perang ke setiap sudut dimana musuh membawanya: ke rumahnya, ke pusat-pusat hiburannya; perang total. Hal ini diperlukan untuk menjaga dia saat memiliki kesempatan beristirahat, saat tenang di luar barak atau bahkan di dalam, kita harus menyerangnya di manapun ia berada, membuatnya merasa seperti binatang yang terpojok di mana pun ia bergerak. Kemudian moralnya akan mulai menurun.”

“Jalan damai dihilangkan dan kekerasan tidak bisa dihindari. Dalam rangka untuk mencapai rezim sosialis akan ada aliran sungai darah, jalan menuju pembebasan harus dilanjutkan bahkan jika itu berarti hilangnya jutaan korban atom,”[24] kata pendukung fanatik dari filosofi komunis, yang bertanggung jawab, menurut angka dari The Black Book of Comunism, kematian hampir 100 juta orang.
Pernyataan ini jelas mencerminkan perasaan dan niat membunuh di mana pun tanpa pandang bulu. Ini digunakan dalam cara kebencian dan hasutan untuk melakukan kekerasan, ini tidak benar tapi manifestasi lain dari doktrin terorisme selama berabad-abad membenarkan pembunuhan massal dan penyiksaan.
Kekalahan di Bolivia
Buku harian Che di Bolivia berisi pengamatan berikut: “Dasar pedesaan yang masih terbelakang, meskipun itu sama dengan rencana teror, kita akan mencapai netralitas yang banyak, dukungan akan datang kemudian. Belum ada penggabungan tunggal … tidak ada mobilisasi pedesaan, menyimpan tugas-tugas informasi yang mengganggu … Angkatan Darat menunjukkan lebih efektif dalam tindakan dan massa pedesaan tidak membantu kami dengan cara apapun dan mereka menjadi informan …. Massa di pedesaan tidak membantu kami sama sekali” adalah kesimpulan melankolik Guevara dalam buku harian Bolivia-nya. Pada 26 September dia menulis dalam buku hariannya, “kekalahan”, mengacu pada “bencana penyergapan La Higuera.”

Dalam referensi untuk para petani Bolivia, ia menulis dalam buku hariannya pada 19 Juni 1967 “salah satu penduduk harus memburu mereka untuk dapat berbicara dengan mereka karena mereka seperti binatang-binatang kecil.” Kecerdasan dan sosok yang tepat untuk sebuah pekuburan.
Che, pada saat ditawan dan sedikit terluka oleh peluru di kaki, dengan senapan diangkat tinggi-tinggi berteriak kepada para penculiknya di Bolivia, “Jangan tembak, aku Che, aku lebih berharga dari hidup Anda.”[25] Pistol 9 milimeter miliknya semua terisi peluru ketika menyerahkannya. Kenapa dia bersedia menjadi tawanan dan tidak berjuang sampai pelurunya yang terakhir? Dia berpikir bahwa mereka tidak akan membunuhnya, bahwa mereka akan memperlakukannya seperti yang mereka lakukan kepada Régis Debray dan Ciro Bustos. Ia hanya mampu memohon untuk hidupnya, ia tidak tahu bagaimana mati seperti seorang pria.
Félix I. Rodriguez, seorang mantan agen Kuba di CIA, dalam percakapan dengan penulis Jacobo Machover mengatakan: “Kemudian ia mengatakan kepada saya bahwa mereka menembak semua agen-agen asing di Kuba yang menginvasi negara itu. Lalu saya katakan kepadanya: Komandan, itu adalah ironis bahwa Anda menceritakan hal itu kepada saya, karena Anda adalah orang asing dan telah menginvasi Bolivia.”

Felix, yang memberikan nasihat intelijen untuk tentara Bolivia di zona di mana Che beroperasi, menceritakan bahwa ketika ia memasuki tempat di mana Che ditahan dalam tahanan ia mengatakan bahwa dia akan dieksekusi: “Komandan, aku minta maaf, aku sudah mencoba, tetapi mereka memiliki perintah dari atasan tertinggi. Dia menjadi pucat seperti hantu. Aku tidak pernah melihat seseorang kehilangan ekspresi wajah seperti dia, kemudian dia bilang ‘lebih baik demikian, aku seharusnya tidak pernah jatuh dalam tahanan’.”
Di La Cabana Che mengirim narapidana ke dinding eksekusi dengan menulis catatan ini, “memberinya aspirin.” Di Bolivia mereka member Che dosis obat sendiri.
Fidel Castro menggunakan Che sebagai juru bicara dalam penyebaran platform anti-imperialis dan olok-olok terus digunakan setelah dia meninggal untuk memuliakan ingatannya demi tujuan propaganda. Daniel Alarcón (Benigno) Ramírez yang berperang di bawah komando Che di Sierra Maestra, dan menemaninya dalam petualangan gerilya di Kongo dan Bolivia, menjadi salah satu korban petualangan terbaru itu, kini diasingkan di Perancis, dalam sebuah wawancara TV dia mengakui bahwa Che telah dikhianati di Bolivia: “Ya, Che dan kami semua dikhianati di Bolivia. Fidel mengirim kami dengan perhitungan yang dingin ke sebuah tempat terpencil, itu pilihan terbaik karena kurangnya sumber daya manusia dan makanan. Kemudian, mereka memotong pasokan senjata kami, intelijen, makanan, dan akhirnya: komunikasi …. Aku tidak lagi memiliki keraguan, telah diverifikasi dalam bentuk tak terbantahkan tentang pengkhianatan tersebut. Semua dari kami telah ditangani sebagai pion berharga dalam papan catur keruh Fidel, dalam bentuk yang kejam dan tidak manusiawi.”

Evo Morales melakukan perayaan resmi ulang tahun 40 kematian Che, perayaan yang ditolak oleh lebih dari 50% orang Bolivia, menentang untuk memuji invasi asing yang menewaskan 55 tentara Bolivia dan beberapa warga sipil. Jenderal Gary Prado, yang memimpin militer menangkap Che, mengatakan: “Penghormatan harus dilakukan untuk para prajurit yang mengalahkan penjajah.”
Penutup
Mereka yang berusaha untuk menyembunyikan pembunuh kejam dan menganggap ia seorang martir yang bersedia memberikan hidupnya untuk membela ide-idenya tidak mempertimbangkan disposisi untuk sedikit menyingkirkan itu dari ide-ide mereka. José Martí dalam surat kepada Maximum Gomes, tanggal 20 Oktober 1884, mengungkapkan pemikirannya bahwa tindakan hidup yang diberikan seseorang untuk satu ide bukanlah alasan yang cukup mulia: “…. Sama seperti dia yang memberikan hidupnya untuk melayani ide bagus adalah mengagumkan, dia yang mengambil maanfaat sendiri dari ide besar untuk melayani harapan kemuliaan pribadinya dan kekuasaan adalah keji, bahkan jika ia juga mempertaruhkan hidupnya. Untuk memberikan kehidupan bagi seseorang menjadi hak hanya ketika seseorang memberi tanpa pamrih.”
Che gagal dalam semua usaha berani yang dia lakukan, dalam karir medis yang belum selesai, tidak pernah mempraktikkan ilmu kedokterannya, sebagai seorang ekonom kepala National Bank dan di National Institute of Agrarian Reform, sebagai Menteri Perindustrian, di mana ia memimpin kegagalan industrialisasi, sebagai seorang diplomat dan politikus dalam hubungannya dengan Cina, Uni Soviet, Jepang, India, Mesir dan Yugoslavia, dalam organisasi gerilya di Amerika Latin, dalam petualangan gerilya di Kongo dan Bolivia dan bahkan pada anjuran kekerasan.

Dalam sebuah wawancara dengan pacarnya María del Carmen Ferreira “Chichina”, kepada La Voz del Interior, dia meringkas kegagalan Che dengan kata-kata singkat: “Kasihan Ernesto, ia tidak berhasil dalam hal apa pun: bukan sebagai dokter, baik sebagai fotografer, sebagai ekonom, atau sebagai penyebar Revolusi.”
Dalam sebuah surat kepada editor dari koran mingguan Uruguay Marcha, yang diterbitkan Maret 1955 dengan judul “Sosialism and Man in Cuba”, di mana Che membahas masalah “manusia baru” mengatakan: “Perlu untuk membangun komunisme, secara simultan dengan fondasi materi baru, untuk membangun manusia baru …. ini adalah operasi kediktatoran proletariat tidak hanya pada kelas yang dikalahkan tetapi juga pada individu-individu dari kelas yang menang …. Manusia di bawah sosialisme, meskipun penampakannya distandarisasi, jauh lebih lengkap …. Dengan cara ini ia akan mencapai kesadaran total dari makhluk sosial, yang setara dengan realisasi penuh sebagai makhluk manusia, pada saat itu rantai keterasingan telah diputuskan.” Selama 50 tahun terakhir pemuda-pemuda telah diindoktrinasi dengan konsep manusia baru, yang akan lengkap, tidak egois, komunitarian dan nilai-nilai moral daripada nilai material. Hasilnya telah menjadi manusia baru yang tidak lengkap, egois, individualis, bermoral ganda dan materialistis.
Anak sekolah Kuba memulai kelas mereka setiap hari dengan slogan indoktrinasi berikut: “Pionir untuk Komunisme, kita akan menjadi seperti Che.” Mereka kemudian akan menjadi manusia baru; fanatik, pembohong, pembunuh dan laki-laki yang gagal, pencapaian total saat merealisasikan cita-cita menjadi seperti Che. Kebencian terhadap musuh revolusi ditanamkan kepada anak-anak usia sekolah. Berikut kutipan ternama dari Jose Marti mengutuk kebencian yang ditanamkan Che: “Para pembenci harus dinyatakan sebagai pengkhianat Republik. Kebencian tidak membangun.”

Che adalah fanatik, dogmatis, dengki, iri hati, sombong, bangga, pembohong, rasis, tanpa moral, tentara bayaran dan pengidap homofobia, seorang pembunuh haus darah, “mesin pembunuh yang dingin”, bahwasanya yang terjadi saat ini adalah fanatisme kiri telah berubah menjadi pahlawan. (*)
Alih-bahasa Agus Budiawan: Terjemahan dari artikel asli berjudul “Che Guevara: The Fish Die by the Mouth” karya Humberto (Bert) Corzo yang diunggah di situs http://www.cubanet.org
Tentang Penulis: Humberto (Bert) Corzo lahir di Kuba. Pada tahun 1962 ia lulus dari University of Havana dengan gelar di bidang Teknik Sipil. Sejak datang ke Amerika Serikat pada tahun 1969, ia mendirikan kediamannya di Los Angeles, California, di mana pada tahun 1972 ia memperoleh registrasi sebagai Insinyur Profesional. Dia memiliki lebih dari empat puluh lima tahun pengalaman di bidang Rekayasa Struktural. Dia adalah Anggota dari American Society of Civil Engineers dan Cuban-American Association of Civil Engineers.
Catatan Kak:

[1] Jon Lee Anderson, Che Guevara: A Revolutionary Life (New York: Grove Press, 1997).
[2] Ernesto Guevara: “The Motorcycles Diaries: Notes on a Latin America Journey” (Ocean Press, 2004).
[3] Ernesto Guevara: “The Motorcycles Diaries: Notes on a Latin America Journey” (Ocean Press, 2004).
[4] Jon Lee Anderson, Che Guevara: A Revolutionary Life (New York: Grove Press, 1997).
[5] Jon Lee Anderson, Che Guevara: A Revolutionary Life (New York: Grove Press, 1997).
[6] Ernesto Guevara: “Otra Vez: Diario inédito del segundo viaje por Latinoamérica”.  (Ocean Sur, USA, 2007)
[7] Ernesto Guevara: “Otra Vez: Diario inédito del segundo viaje por Latinoamérica”.  (Ocean Sur, USA, 2007)
[8] Ernesto Guevara: “Otra Vez: Diario inédito del segundo viaje por Latinoamérica”.  (Ocean Sur, USA, 2007)
[9] Ernesto Guevara: “Otra Vez: Diario inédito del segundo viaje por Latinoamérica”.  (Ocean Sur, USA, 2007).
[10] Jon Lee Anderson, Che Guevara: A Revolutionary Life (New York: Grove Press, 1997).
[11] Ernesto Guevara: “The Motorcycles Diaries: Notes on a Latin America Journey” (Ocean Press, 2004)
[12] Jon Lee Anderson, Che Guevara: A Revolutionary Life (New York: Grove Press, 1997).
[13] Jon Lee Anderson, Che Guevara: A Revolutionary Life (New York: Grove Press, 1997).
[14] Ernesto Guevara: “Otra Vez: Diario inédito del segundo viaje por Latinoamérica”.  (Ocean Sur, USA, 2007)
[15] Ernesto Guevara: “Otra Vez: Diario inédito del segundo viaje por Latinoamérica”.  (Ocean Sur, USA, 2007)
[16] Jon Lee Anderson, Che Guevara: A Revolutionary Life (New York: Grove Press, 1997).
[17] Pierre San Martin, “Como asesinaba el Che Guevara”, El Nuevo Herald, Diciembre 28, 1997.
[18] Jon Lee Anderson, Che Guevara: A Revolutionary Life (New York: Grove Press, 1997).
[19] Alvaro Vargas Llosa, “The Killing Machine: Che Guevara”, The New Republic, July 11, 2005
[20] Alvaro Vargas Llosa, “The Killing Machine: Che Guevara”, The New Republic, July 11, 2005
[21] Video link: http://www.youtube.com/watch?v=HqAvuiyzz5k. This fragment was extracted from the video “Che Guevara: Anatomía de un mito”.
[22] Video link: http://www.youtube.com/watch?v=HqAvuiyzz5k. This fragment was extracted from the video “Che Guevara: Anatomía de un mito”.
[23] Humberto (Bert) Corzo, “Comparative Study of Cuba’s Gross Domestic Product (GDP), based on Existing Statistical Data during the Republic and Today’s Communist System”, La Nueva Cuba, Julio 30, 2002
[24] Che Guevara, “Tactics and Strategies of the Cuban Revolution”, Revista Verde Olivo, Prensa Latina 8-10-68.
[25] Che Guevara, “Tactics and Strategies of the Cuban Revolution”, Revista Verde Olivo, Prensa Latina 8-10-68.

0 komentar

Posting Komentar